Kamis, 12 Mei 2016

Cara Membuat Gambar Kotak (Bidang) warna-warni menggunakan OpenGL pada Dev C++



 Praktikum ke - 1 Grafika Komputer
Cara Membuat Gambar Kotak (Bidang) warna-warni menggunakan OpenGL pada Dev C++

hello, gaes..
hari ini saya kembali lagi untuk share ilmu buat kalian semua yang kece-kece :D 
postingan saya kali ini membahas tentang cara membuat kotak warna-warna menggunakan OpenGL pada Dev C++. 
kalian pasti penasaran kan bagaimana caranya???
ok, langsung aja show source codenya.. happy coding ya gaess.. 
cekidooottt... 

source code : 

#include <windows.h>
#include <stdio.h>
#include <stdlib.h>
#include <string.h>
#include <stdarg.h>
#include <GL/glut.h>

void kotak()
{
glClear(GL_COLOR_BUFFER_BIT); // Menghapus layar. sama seperti fungsi clrscr pada coding c++
glBegin(GL_POLYGON); //untuk memulai program. polygon disini  untuk membuat gambar dengan kategori bidang (bukan dengan garis)
glColor3f(0, 0, 1); //memberi warna pada gambar
glVertex2f(-0.5, -0.5);
glColor3f(0.5, 1, 0);
glVertex2f(-0.5, 0.5);
glColor3f(1, 0.0, 0);

glVertex2f(0.5, 0.5);
glVertex2f(0.5, -0.5);
glEnd(); //untuk menutup codingan program
glFlush(); //ini sangaat penting. yaitu untuk menampilkan program yang telah dibuat. jika tidak ada ini  maka gambar tidak mau tampil
}

int main(int argc, char** argv) {
    glutCreateWindow("Cuman KOTAK"); //untuk tulisan yang ada pada kiri atas di console (lihat bagian kiri atas gambar)
    glutDisplayFunc(kotak); //untuk memanggil dan menampilkan fungsi kotak
    glutMainLoop();

    return 0;
}

hasil running :



sekian dulu postingan kali ini. semoga bermanfaat :)

0 komentar:

Posting Komentar