Membuat kata "AKU" menggunakan OpenGL pada Dev C++
udah lama ngga nge-blog nih.. jadi kangen posting sesuatu buat kalian :)
adakah yang jam 00:36 WIB ini belum tidur? oke, kalo ada yang belum tidur mungkin dari kalian masih ada yang ngerjain tugas, ngoding, nonton film d.l.l yak? *biasaa.. anak kost begadang*
aku temenin dari sini deh.. hehehe :D
oiya, kali ini aku mau share ilmu tentang membuat kata "AKU" menggunakan OpenGL pada Dev C++ nih.. yang jadi tugas posttest praktikum ke - 2 Grafika Komputer.
Sebelum bikin source codenya, kita perlu membuat koordinatnya dulu (kalo bisa ya buat coret-coretan di kertas dulu) setelah itu baru diimplementasikan koordinat yang sudah kalian buat ke dalam codingan (source code).
Nah, dari pada aku ngomong panjang lebar nanti kalian keburu bosen. Oke, langsung aja nih source code nya.. disimak yaa..
#include <windows.h>
#include <stdio.h>
#include <stdlib.h>
#include <string.h>
#include <stdarg.h>
#include <GL/glut.h>
#define Aku(x1, y1, x2, y2) glBegin(GL_LINES); glVertex2f((x1),(y1));\
glVertex2f((x2),(y2)); glEnd(); //definisi fungsi Aku
void Garis(){
glClear(GL_COLOR_BUFFER_BIT);
glBegin(GL_LINES);
Aku(0.3, -0.3, 0.3, 0.3 );
glEnable(GL_LINE_STIPPLE);//untuk mengaktifkan fungsi jika kita akan membuat garis putus-putus atau dot d.l.l
glLineStipple(1, 0x00FF); //untuk membuat garis berupa setrip-setrip (garis putus-putus) --> ( - - - )
//misal glLineStipple(1, 0x00BB); Juga bisa. yang penting kita masih pake kode heksa (1 sampai F)
glColor3f(1.5, 0.1, 0.5); //untuk memberi warna pada garis
Aku(-0.7, -0.3, -0.5, 0.3);
Aku(-0.5, 0.3, -0.3, -0.3);
Aku(0.3, -0.3, 0.7, -0.3);
Aku(-0.2, 0.0, 0.2, 0.3);
glLineStipple(1, 0x0101);
glColor3f(0.1, 1.0, 0.5);
Aku(-0.2, -0.3, -0.2, 0.3);
Aku(0.7, -0.3, 0.7, 0.3);
glLineStipple(1, 0x00FF);
glLineWidth(10); //untuk mengatur tebal garis
Aku(-0.64, -0.1, -0.36, -0.1);
Aku(-0.2, 0.0, 0.2, -0.3);
glFlush(); //untuk menampilkan gambar
}
int main(int argc, char** argv){
printf("saya mau buat garis ");
glutCreateWindow("GARIS");
glutDisplayFunc(Garis); //memanggil fungsi Garis untuk ditampilkan
glutMainLoop();
}
tetap semangat! ;)
0 komentar:
Posting Komentar